Mari kita lihat 10 aplikasi kecerdasan buatan terpanas yang berhasil memanfaatkan banyak data di lingkungan yang berubah saat ini.

SIRI

SIRI adalah salah satu aplikasi kecerdasan buatan yang paling terkenal. Ini adalah perangkat lunak asisten pribadi untuk perangkat Apple, termasuk iPhone, iPad, iPod Touch, Apple Watch, dan AppleTV, yang berfungsi sebagai panduan pengetahuan cerdas untuk merekomendasikan, menjawab pertanyaan, dan mendelegasikan permintaan ke layanan web yang relevan. Perangkat lunak ini dioperasikan dengan suara dan dengan demikian mengembalikan jawaban yang dipelajari secara individual dari bahasa pengguna. Menurut Wakil Presiden Senior Teknik Apple Craig Federighi, Siri mendapat 1 miliar permintaan seminggu. Pada 2016, Seri ini tersedia dalam 20 bahasa.

GOOGLE SEKARANG

Asisten pribadi pintar lainnya adalah Google Now yang dikembangkan oleh Google, yang merupakan bagian dari aplikasi Google yang tersedia untuk Android dan iOS. Untuk mengaktifkan Google Now, Anda perlu meluncurkan aplikasi Google dan kemudian mengizinkan Google untuk menarik semua informasi yang disinkronkan dari semua layanan Google yang Anda gunakan dan riwayat lokasi Anda untuk memberi Anda rekomendasi dan peringatan. Dengan mematikan semua pengaturan privasi dan pelacakan yang diperlukan dalam aplikasi kecerdasan buatan paling praktis ini, pengguna dapat melihat Kartu Google Now yang berbeda: Ringkasan aktivitas (langkah-langkah yang telah Anda ambil untuk tetap aktif), Kartu masuk (dikirim ke akun Gmail, ditampilkan nanti di bandara), Acara (acara yang dijadwalkan di Kalender Google Anda), Penerbangan (status penerbangan Anda secara real time), Pengingat lokasi, Lokasi parkir (membantu menemukan mobil Anda yang diparkir), Terjemahan (menemukan terjemahan kata), TV (daftar dari acara yang disiarkan secara real time) dan banyak lagi. Semua perintah di Google Now Anda dapat dikontrol dengan suara, tetapi perintah tersebut dibatasi. Google Now sekarang tersedia dalam bahasa Inggris dan merupakan pesaing utama Siri.

CORTAN

Cortana adalah asisten pribadi cerdas Microsoft yang awalnya dirancang untuk Windows Phone, tetapi sekarang tersedia di Android, Windows 10, xBox One, dan di iOS Apple. Perangkat lunak Cortana merespons suara pengguna dan menjalankan perintah terbatas, menjawab pertanyaan menggunakan informasi dari browser yang diinstal (Bing secara default), bertindak sebagai sekretaris dengan menjadwalkan acara, menemukan file yang diperlukan, dan membuka aplikasi yang diperlukan. Aplikasi kecerdasan buatan Cortana dapat memproses perintah suara dalam bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Italia, Prancis, Cina, Portugis, dan Jepang.

ALEXA

Alexa adalah layanan suara yang dibuat oleh Amazon untuk speaker pintar Amazon Echo, yang diperkenalkan secara luas pada tahun 2015. Alexa menggunakan algoritme pemrosesan bahasa alami untuk beradaptasi dengan suara alami pengguna. Apalagi saat dibangun di cloud, Alexa terus belajar dengan mengenali pola dari interaksi dengan pengguna. Semakin banyak pengguna berinteraksi dengan Alexa, semakin berkembang dan menjadi lebih pintar, memberikan jawaban berkualitas tinggi untuk pertanyaan pengguna. Aplikasi kecerdasan buatan Alexa memiliki SDK gratis yang dapat digunakan pengembang dalam membuat perangkat lunak dan perangkat AI berbasis suara baru.

BETUL

Kinect adalah pengontrol gerak berbasis AI dan teknologi penginderaan gerak oleh Microsoft yang digunakan di konsol game Xbox One dan Xbox 360. Kinect menganalisis antarmuka pengguna alami dan merespons perintah dan sinyal suara. Microsoft menawarkan SDK gratis bagi pengembang untuk membangun aplikasi berkemampuan Kinect. Ini telah menghasilkan penggunaan teknologi Kinect yang lebih luas untuk tujuan non-game termasuk industri perawatan kesehatan, ritel, militer, dan robotika.

OTAK

Braina adalah aplikasi kecerdasan buatan gratis yang berfungsi sebagai perangkat lunak produktivitas pribadi dan asisten kantor virtual di komputer Windows. Perangkat lunak ini merespons perintah suara pengguna dan melakukan tugas yang berbeda di komputer mereka. Karena teknologi pengenalan suara bawaan, pengguna dapat berinteraksi dengan komputer mereka dari jarak jauh melalui Wi-Fi melalui aplikasi Braina untuk Android. Braina sekarang tersedia dalam bahasa Inggris, versi gratis dan berbayar.

VIV

VIV lebih dari sekadar aplikasi kecerdasan buatan, tetapi platform kecerdasan buatan dari pencipta Siri. Tidak seperti Siri, VIV memiliki platform terbuka yang memungkinkan pengembang membangun plug-in eksternal untuk digunakan. Pembuat VIV bertujuan untuk membuat asisten berorientasi pengguna hadir di mana-mana. Pengerjaannya dimulai pada tahun 2012. Versi demo dari ‘antarmuka cerdas untuk semuanya’ dipresentasikan oleh CEO VIV Dag Kittlaus di TechCrunch Disrupt NY pada Mei 2016.

PANCI

PAN adalah perangkat lunak kecerdasan buatan gratis yang secara virtual menganalisis semua jenis data teks, seperti puisi, fiksi, sejarah, surat kabar, dan lainnya. Aplikasi ini pertama-tama mengurai teks, mengenali struktur kalimat, suasana hati, dan nada teks yang diberikan. Umumnya PAN memungkinkan menempatkan teks apapun di bawah mikroskop dan pada akhirnya memberikan variasi pemahamannya berdasarkan analisis komprehensif yang dilakukan.

WIPRO HOLMES

Wipro HOLMES adalah platform kecerdasan buatan kognitif yang digunakan untuk pengembangan sistem peramalan, aplikasi komputasi visual, agen virtual digital, otomatisasi proses kognitif, visualisasi pengetahuan, drone, dan robotika. Wipro HOLMES belajar dari informasi baru dan dapat membuat rekomendasi, serta memprediksi kegagalan. Platform ini dirancang dan diperkenalkan pada tahun 2016 oleh perusahaan India Wipro untuk mengoptimalkan proses bisnis di perusahaan.

WOLFRAM ALPHA

Wolfram Alpha adalah mesin penjawab pintar gratis, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menjawab pertanyaan pengguna dari kumpulan data yang dikompilasi seperti statistik, pemeriksaan silang sumber, ulasan ahli, dan banyak lagi. Wolfram Alpha berbeda dari mesin pencari semantik seperti Google dalam hal memberikan jawaban spesifik dari sekelompok informasi terstruktur daripada mencocokkan pertanyaan dengan jawaban terbaik dari mengindeks beberapa jawaban untuk pertanyaan itu. Wolfram Alpha digunakan untuk menjawab beberapa permintaan oleh Bing, DuckDuckGo dan bahkan Apple Series. Aplikasi Wolfram Alpha tersedia untuk iOS dan Android, Kindle Fire, Nook.

KESIMPULAN

Kecerdasan buatan tidak diragukan lagi merupakan alat yang sangat kuat untuk menciptakan pengalaman yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Kami berharap aplikasi kecerdasan buatan yang memasuki kehidupan kita akan terus melayani umat manusia dengan cara yang paling bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *